Friday, June 10, 2016

Kisah hidup Lobster

Maine Lobster, dikenal untuk rasa yang kaya, mewah, adalah lebih dari sekedar kelezatan kuliner; ini adalah landasan dari Maine budaya. Banyak dari kita yang telah menikmati kemegahan perayaan pesta lobster, bagaimanapun, tahu sedikit tentang siklus hidup yang luar biasa yang membawa lobster akhirnya ke piring kami.

Meskipun cakar yang kokoh mungkin terlihat mengesankan, dalam kebenaran, Maine lobster liar telah mencapai dewasa hanya melawan rintangan besar. Diperkirakan bahwa hanya 1% telur lobster bertahan perlombaan mengerikan untuk saat jatuh tempo; untuk melakukannya, mereka pertama kali harus bertahan hampir setahun sebelum penetasan, selama mereka taat (bersama dengan 10.000 atau jadi saudara) untuk area khusus di bawah ibu ekor. Mereka kemudian dirilis sebagai larva dan drift tentang di kolom air untuk mencari tempat untuk jangkar dan mencari keselamatan dari predator yang berharap untuk merebut mereka. Kita manusia tidak sendirian dalam keinginan lobster lezat; Sculpin, cunner, cod, skate dan lobster lain semua cinta untuk membuat makanan yang potongan seperti udang. Selama fase ini penting pertumbuhan, lobster muda harus meranggas empat kali, setelah itu mereka mulai menyerupai orang tua mereka dan bisa membuat jalan mereka ke kedalaman.

Lobster yang mengelola untuk mencapai dasar laut dengan cepat mengamankan tempat persembunyian berbatu, atau risiko sedang dimakan. Meskipun mereka lobster-seperti penampilan, larva pada tahap ini masih tanpa pertahanan dan rentan terhadap predasi. Setelah tersembunyi, lobster menghabiskan beberapa tahun berikutnya menyambar mangsa apa itu bisa dari rumah yang dilindungi, menghindari air terbuka bila memungkinkan. Di sekitar tahun keempat, namun, memiliki tumbuh dalam ukuran dan kekuatan, lobster mulai muncul, berani menangkap makhluk-makhluk kecil yang mungkin dua kali ukuran!

Sepanjang proses ini, lobster muda harus menjaga pergantian kulit, seperti cangkang keras yang tidak meregangkan atau tumbuh. Sementara semua lobster tumbuh pada tingkat yang berbeda, itu dikenal bahwa mereka dalam air dingin tumbuh lebih lambat dari sepupu tinggal hangat air mereka, dan bahwa laki-laki tumbuh lebih cepat dari pada betina. Menariknya, lobster juga unik karena mereka menunjukkan ada tanda-tanda penuaan, berarti bahwa kecuali mereka jatuh sakit atau terluka atau dimakan, ada batas untuk berapa lama mereka secara teoritis bisa hidup, atau seberapa besar mereka bisa tumbuh. Sifat lobster itu bahkan telah menyebabkan para ilmuwan untuk mempelajarinya untuk mencari petunjuk yang dapat meningkatkan umur panjang manusia.

Pada saat Maine lobster mengangkut di lobsterpot, itu telah melalui setidaknya lima tahun kehidupan, karena rata-rata lobster membutuhkan lima sampai tujuh tahun untuk mencapai kematangan. Tidak heran, kemudian, bahwa lobster begitu sangat dihargai; dengan hanya sepuluh dari sepuluh ribu bertahan selama bertahun-tahun untuk dewasa, ini bukanlah makhluk yang dapat dengan mudah bertani atau cepat dipanen. Sementara itu telah lama terkenal sebagai seorang raja di antara hidangan laut, lobster juga membawa sebuah saga yang menarik ke piring, dan benar-benar tengah tidak hanya untuk warna merah yang indah dan krim daging, tetapi untuk kisah kehidupan liar, indah.

No comments:

Post a Comment